Jenis-Jenis Logo
Logo mewakili wajah perusahaan. Simbol sederhana yang mampu
menunjukkan profil usaha secara berkesan. Adakalanya setiap pengusaha berharap
Logo usahanya terlihat bagus, menampilkan visi dan misi, serta mudah diingat
oleh konsumen. Tapi sering kita jumpai banyak orang kurang mengetahui
jenis-jenis logo yang tepat untuk perusahaan yang baru dirintis. Bahkan untuk
membuat usaha yang baru, sebagian beranggapan cukup dikerjakan sendiri. Tahukah
kita! bahwa kesan partama terhadap usaha ada pada Logo perusahaan.
Ditiap
kemasan, papan iklan dan Media elektronik, Logo yang Hebat memperlihatkan
kwalitas sudut pandang perusahaan. Jika logo tersebut Buruk maka konsumen
melihat perusahaan mempunyai kwalitas sudut pandang yang buruk. Jika sudut
pandang perusahaan buruk, maka asumsi yang timbul adalah produk/jasa yang
ditawarkan pastilah buruk. Saya kira kita tidak menginginkan hal tersebut.
Oleh
karena itu, sebelum membuat Logo. Baiknya pengusaha memahami jenis-jenis logo
Perusahaan. Pada kesempatan kali ini kami tampilkan Jenis-Jenis logo dan
Perusahaan yang menggunakannya.
berikut Jenis-jenis LOGO :
- Word mark
Word Mark Logo
Nama perusahaan Anda digunakan seluruhnya untuk membentuk
Logo. Pada jenis ini logo sama sekali tidak mengambil simbol atau gambar
tertentu. Logo dirancang dengan cara membuat model Tulisan yang unik, atau
membentuk simbol tersembuyi dari bentukan nama perusahaan, seperti logo pada
perusahaan Fedex (huruf e dan x membentuk arah panah). Contoh Logo Word mark
adalah: Microsoft, Google, Fedex, Coca Cola, Disnep dll.
- Pictoral mark
Pictoral mark Logo
Sebuah gambar atau bentuk yang mudah
dikenali digunakan untuk mewakili bisnis Anda. Jenis Logo ini menekankan pada
nama perusahaan. Logo dirancang dari simbol atau gambar yang mewakili nama
perusahaan. Kadangkala Logo diletakkan tanpa menuliskan Nama, karena dengan
bentuk Logo, konsumen sudah mengenali nama perusahaan. Contoh pada Logo
Pictoral mark adalah : Garuda food, Firefox, Garuda Indonesia, Apple,
dll.
- Abstract mark
Abstract mark logo
Bentuk abstrak atau simbol digunakan
untuk menyampaikan nilai-nilai bisnis Anda. Jenis logo ini menekankan pada
bidang usaha atau nilai filosofi terbentuknya perusahaan. Terkadang makna logo
hanya diketahui oleh pemilik usaha. Tapi untuk meninggalkan kesan, Logo jenis
ini selalu dibentuk dengan Unik. Contoh perusahaan yang menggunakan logo
Abstrak Mark adalah : Indosat, Pertamina, Sony Ericsson, Nike, dll.
- Letter form
Letter form logo
inisial dari nama Perusahaan Anda
digunakan untuk membuat logo. Jenis logo ini paling sering digunakan oleh
perusahaan. Karena selalu mewakili nama perusahaan dan logo dapat dibentuk
dengan unik nan sederhana. Tapi logo ini sangat sulit dirancang, karena inisal
perusahaan didunia mempunyai banyak kesamaan. Contoh perusahaan yang
menggunakan logo Letter form adalah : Opera, Unilever, Internet Exploler, Mc
Donalds, VW, dll
- Emblem
Emblem logo
Bisnis diselimuti oleh elemen
bergambar atau bentuk nama. Jenis logo ini sering digunakan Club-Club sepak
bola, ataupun lembaga pemerintahan. Tapi tak jarang perusahaan menggunakannya
sebagai Logo yang mewakili usahanya. Logo ini dirancang dengan bentuk yang
detail. Contoh perusahaan yang menggunakan logo Emblem adalah : Ferrari, BMW,
Starbucks, Harley Davidson, dll.
- Character
Character logo
Sebuah karakter atau maskot untuk
mewakili bisnis Anda. Jenis Logo ini menekankan pada karakter perusahaan.
Perusahaan yang menggunakan logo ini, seringkali mempunyai Maskot. Adalalanya
dipakai untuk memeriahkan even pertandingan, sebagai promosi produk perusahaan
secara terbuka. Contoh perusahaan yang menggunakan logo Character adalah :
Michelin, Hoka-Hoka Bento, KFC, dll.
Web 2.0 logo
Mewakili tren dari internet termasuk
gradien, efek kaca, bentuk tombol, dll. Logo ini biasa digunakan oleh
perusahaan berbasis teknologi, ataupun perusahaan yang merambah ke dunia
Internet. Logo biasa dibentuk secara sederhana, tapi ditampilkan lebih modern
dengan efek 3D. Contoh perusahaan yang menggunakan logo Web 2.o adalah :
YouTube, Skype, Wikipedia, dll.
ELEMEN ESTETIS PEMBENTUK LOGO
Sebagai bagian dari perencanaan corporate identity design, logo ibarat bagian tubuh yang mampu mengutarakan isi hati produk atau perusahaan.
Dari sisi pemasaran, logo mempunyai fungsi identitas yang membedakan sebuah produk dengan produk lainnya. Kesemuanya itu tak lepas dari hakikat logo itu sendiri, sebagai sebuah karya seni rupa yang biasa berupa dwi matra (dua dimensi) atau tri matra (tiga dimensi). Sebagai karya seni rupa, sebuah logo tidak bisa lepas dari elemen-elemen senirupa dasar yang membentuknya seperti garis, bentuk, warna, ruang, tipografi dll. Seperti yang dikemukakan oleh John Murphy :
"The successful designer of trademarks and logos needs to have basic intellectual and draftsmanship skills in addition to a sensitivity to the aesthetic elements of design."
Yang berarti, seorang perancang logo dan cap dagang yang sukses, perlu memiliki kepandaian dasar dan keterampilan dalam menggambar dalam hubungannya dengan kepekaan terhadap elemen estetika disain.
Pada bagian ini kami menyajikan secara ringkas elemen-elemen pembentuk logo, antara lain sebagai berikut :
1. GARIS
2. BENTUK
3. WARNA
4. TIPOGRAFI
ELEMEN ESTETIS PEMBENTUK LOGO
Sebagai bagian dari perencanaan corporate identity design, logo ibarat bagian tubuh yang mampu mengutarakan isi hati produk atau perusahaan.
Dari sisi pemasaran, logo mempunyai fungsi identitas yang membedakan sebuah produk dengan produk lainnya. Kesemuanya itu tak lepas dari hakikat logo itu sendiri, sebagai sebuah karya seni rupa yang biasa berupa dwi matra (dua dimensi) atau tri matra (tiga dimensi). Sebagai karya seni rupa, sebuah logo tidak bisa lepas dari elemen-elemen senirupa dasar yang membentuknya seperti garis, bentuk, warna, ruang, tipografi dll. Seperti yang dikemukakan oleh John Murphy :
"The successful designer of trademarks and logos needs to have basic intellectual and draftsmanship skills in addition to a sensitivity to the aesthetic elements of design."
Yang berarti, seorang perancang logo dan cap dagang yang sukses, perlu memiliki kepandaian dasar dan keterampilan dalam menggambar dalam hubungannya dengan kepekaan terhadap elemen estetika disain.
Pada bagian ini kami menyajikan secara ringkas elemen-elemen pembentuk logo, antara lain sebagai berikut :
1. GARIS
2. BENTUK
3. WARNA
4. TIPOGRAFI
No comments:
Post a Comment