Thursday 11 December 2014

JENIS JENIS LOGO

Jenis-Jenis Logo


Logo mewakili wajah perusahaan. Simbol sederhana yang mampu menunjukkan profil usaha secara berkesan. Adakalanya setiap pengusaha berharap Logo usahanya terlihat bagus, menampilkan visi dan misi, serta mudah diingat oleh konsumen. Tapi sering kita jumpai banyak orang kurang mengetahui jenis-jenis logo yang tepat untuk perusahaan yang baru dirintis. Bahkan untuk membuat usaha yang baru, sebagian beranggapan cukup dikerjakan sendiri. Tahukah kita! bahwa kesan partama terhadap usaha ada pada Logo perusahaan. 
Ditiap kemasan, papan iklan dan Media elektronik, Logo yang Hebat memperlihatkan kwalitas sudut pandang perusahaan. Jika logo tersebut Buruk maka konsumen melihat perusahaan mempunyai kwalitas sudut pandang yang buruk. Jika sudut pandang perusahaan buruk, maka asumsi yang timbul adalah produk/jasa yang ditawarkan pastilah buruk. Saya kira kita tidak menginginkan hal tersebut.
Oleh karena itu, sebelum membuat Logo. Baiknya pengusaha memahami jenis-jenis logo Perusahaan. Pada kesempatan kali ini kami tampilkan Jenis-Jenis logo dan Perusahaan yang menggunakannya.

berikut Jenis-jenis LOGO :
  • Word mark

Word Mark Logo
Nama perusahaan Anda digunakan seluruhnya untuk membentuk Logo. Pada jenis ini logo sama sekali tidak mengambil simbol atau gambar tertentu. Logo dirancang dengan cara membuat model Tulisan yang unik, atau membentuk simbol tersembuyi dari bentukan nama perusahaan, seperti logo pada perusahaan Fedex (huruf e dan x membentuk arah panah). Contoh Logo Word mark adalah: Microsoft, Google, Fedex, Coca Cola, Disnep dll.


  • Pictoral mark
Pictoral mark Logo
Sebuah gambar atau bentuk yang mudah dikenali digunakan untuk mewakili bisnis Anda. Jenis Logo ini menekankan pada nama perusahaan. Logo dirancang dari simbol atau gambar yang mewakili nama perusahaan. Kadangkala Logo diletakkan tanpa menuliskan Nama, karena dengan bentuk Logo, konsumen sudah mengenali nama perusahaan. Contoh pada Logo Pictoral mark adalah : Garuda food, Firefox, Garuda Indonesia,  Apple, dll.


  • Abstract mark
Abstract mark logo
Bentuk abstrak atau simbol digunakan untuk menyampaikan nilai-nilai bisnis Anda. Jenis logo ini menekankan pada bidang usaha atau nilai filosofi terbentuknya perusahaan. Terkadang makna logo hanya diketahui oleh pemilik usaha. Tapi untuk meninggalkan kesan, Logo jenis ini selalu dibentuk dengan Unik. Contoh perusahaan yang menggunakan logo Abstrak Mark adalah : Indosat, Pertamina, Sony Ericsson, Nike, dll.

  • Letter form
Letter form logo
inisial dari nama Perusahaan Anda digunakan untuk membuat logo. Jenis logo ini paling sering digunakan oleh perusahaan. Karena selalu mewakili nama perusahaan dan logo dapat dibentuk dengan unik nan sederhana. Tapi logo ini sangat sulit dirancang, karena inisal perusahaan didunia mempunyai banyak kesamaan. Contoh perusahaan yang menggunakan logo Letter form adalah : Opera, Unilever, Internet Exploler, Mc Donalds, VW, dll

  • Emblem
Emblem logo
Bisnis diselimuti oleh elemen bergambar atau bentuk nama. Jenis logo ini sering digunakan Club-Club sepak bola, ataupun lembaga pemerintahan. Tapi tak jarang perusahaan menggunakannya sebagai Logo yang mewakili usahanya. Logo ini dirancang dengan bentuk yang detail. Contoh perusahaan yang menggunakan logo Emblem adalah : Ferrari, BMW, Starbucks, Harley Davidson, dll.

  • Character

Character logo
Sebuah karakter atau maskot untuk mewakili bisnis Anda. Jenis Logo ini menekankan pada karakter perusahaan. Perusahaan yang menggunakan logo ini, seringkali mempunyai Maskot. Adalalanya dipakai untuk memeriahkan even pertandingan, sebagai promosi produk perusahaan secara terbuka. Contoh perusahaan yang menggunakan logo Character adalah : Michelin, Hoka-Hoka Bento, KFC, dll.

Web 2.0 logo

Mewakili tren dari internet termasuk gradien, efek kaca, bentuk tombol, dll. Logo ini biasa digunakan oleh perusahaan berbasis teknologi, ataupun perusahaan yang merambah ke dunia Internet. Logo biasa dibentuk secara sederhana, tapi ditampilkan lebih modern dengan efek 3D. Contoh perusahaan yang menggunakan logo Web 2.o adalah : YouTube, Skype, Wikipedia, dll.


ELEMEN ESTETIS PEMBENTUK LOGO

Sebagai bagian dari perencanaan corporate identity design, logo ibarat bagian tubuh yang mampu mengutarakan isi hati produk atau perusahaan.


Dari sisi pemasaran, logo mempunyai fungsi identitas yang membedakan  sebuah produk dengan produk lainnya. Kesemuanya itu tak lepas dari hakikat logo itu sendiri, sebagai sebuah karya seni rupa yang biasa berupa dwi matra (dua dimensi) atau tri matra (tiga dimensi). Sebagai karya seni rupa, sebuah logo tidak bisa lepas dari elemen-elemen senirupa dasar yang membentuknya seperti garis, bentuk, warna, ruang, tipografi dll. Seperti yang dikemukakan oleh John Murphy :


"The successful designer of trademarks and logos needs to have basic intellectual and draftsmanship skills in addition to a sensitivity to the aesthetic elements of design."

Yang berarti, seorang perancang logo dan cap dagang yang sukses, perlu memiliki kepandaian dasar dan keterampilan dalam menggambar dalam hubungannya dengan kepekaan terhadap elemen estetika disain.


Pada bagian ini kami menyajikan secara ringkas elemen-elemen pembentuk logo, antara lain sebagai berikut :
1. GARIS
2. BENTUK
3. WARNA
4. TIPOGRAFI

No comments: