Thursday 17 November 2016

Pengalaman Di PPKPI atau BLK

Halo readers!

Diriku kembali dari sekian lama betapa di tengah gelapnya hutan dunia yang belantara hingga melewati musim musim yang tidak menentu #halahh ini apaan! Tapi ini seriusan gua kangen dengan blog ku yang sudah lama gak gua kotak katik dan udah berdebu ini #gakdanta dan pastinya menulis sesuatu yang mudah mudahan bermanfaat untuk orang lain, Ok skip!

Kita kembali ke intinya, sekarang gua akan membagi pengalaman gua saat mendaftar di PPKPI atau Pusat Pelatihan Kerja Pengembangan Industri yang dulu namanya BLK atau Balai latihan kerja khususnya di ppkpi Pasar Rebo jurusan Bahasa Inggris.

Kalian yang membaca post-an gua pasti ada atau beberapa yang bingung PPKPi itu apaan si?
Ok, disini gua jelasin dikit tentang ppkpi yang gua tau dan selebihnya silahkan ke sini www.ppkpi-psrebo.com

Ppkpi atau Pusat Pelatihan Kerja Pengembangan Industri adalah pelatihan untuk Jobseeker atau pencari kerja entah Fresh graduation or Old graduation (?) menurut gua selama orang itu masih produktif bisa join. Di sana tersedia berbagai macam jurusan dari bidang Teknik, Bahasa, sampai Tata busana ada #mantap

Diatas Brosur ppkpi 2016 untuk yang terbarunya kalian bisa cek di websitenya langusng guys

Terus gimana cara daftarnya?

Begini, kalau kalian sudah melengkapi segala persyaratannya  kalian silahkan pergi ke PPKPI PASAR REBO-nya sambil bawa peralatan tempurnya jangan lupa! #anjay maksudnya persyaratannya hehe untuk registrasi di TKP, pas sampai sana gua langsung tanya ama satpam yang ada di pos satpam #yaiyalah di pos satpam sama di pos kamling -_-  dimana tempat daftarnya, abis itu langsung cuss ke TKP kalau belom berubah catnya gedung pendaftarannya warna merah readers. Ohiya satpamnya bae bat coy.

Saat di registrasi kalian akan di kasih tau kapan waktu Tes-nya dan pakaian apa yang di gunakan kalau gak kalian bakalan di telepon sama pihak PPKPI-nya.

Hari Tes pun tiba!

Fix gua deg degan di hari H itu walaupun muka gua flat sok sokan tegar padahal mah di dalemnya lagi panic kebakaran jenggot. Pagi itu kami di kumpulkan sesuai jurusan yang kami pilih, pas liat barisan jurusan gua rasanya kek pengen antri sembako murah! Panjang banget udah gitu dapetnya paling belakang lagi #huft Karena yang minat masuk lumayan banyak otomatis saingan juga banyak di tambah yang keterima cuma 20 org! bayangkan reader CUMA 20 ORANG DARI BANYAK ORANG DI SANA itu lah kira kira yang gua pikirin saat itu tapi be your self dan trust your self! U can do it!

Setelah apel kita di iring ke gedung masing masing jurusan, di sana lah acaranya utamanya di mulai yaitu TES TERTULIS DAN INTERVIEW. Ok fix jantung gua udah kek gendang di pukul pukul kentungan ampe panas dingin #lah tapi gua mencoba control diri dengan tarik napas berkali kali percaya Allah akan memudahkan hambanya yang mau berdoa dan berusaha. Hingga sekitar jam 1 atau setengah 2 gua DONE yeah! Udah legaan dikit.

Hari pengumuman jeng! jeng!

Daftar nama 20 perserta yang lolos akan di tempel di gedung jurusan masing masing, pas waktu itu gua kaga berani liat soalnya takut banget jadinya gua ke masjid deket gedung bahasa eh ketemu sama temen SMK yang juga daftar di jurusan bahasa inggris. Gua menunggu di sana entah apa yang gua tunggu gua Cuma diem duduk manis sambil berdoa sama Allah dan tiba tiba notifikasi Line dari temen gua yang juga ikutan daftar dijurusan Bahasa Korea dan saat gua baca isinya adalah GUA LOLOS!  Langsung sujud syukur dan teriak eh inget lagi di masjid gua langsung lari ke gedung. Alhamduliah! Alhamduliah! Kalo kita yakin dan positive thinking akan sesuatu insya allah itu akan terjadi!


Sekian pengalaman diriku saat pertama kali masuk PPKPI guys! Dan jangan lupa baca juga pengalaman gua di bahasa inggris PPKPI ya! Thanks for reading!

44 comments:

Rahmah Kim said...

Hallo mbak, mau tanya. Tes seleksinya itu ada tes tertulis dan interview. Tes tertulisnya semacam psikotes gitu kah? Dan interviewnya mengenai jurusan yg diambil atau hal lainnya? Makasih sebelumnya :D

Unknown said...

Halo ka rahma!, maaf nih baru bales lohh... untuk tes tertulisnya itu bukan psikotes ko semacam soal ujian biasa yg udah pernah kita kerjain juga pas sekolah naah untuk interviewnya itu tanya jawab ttg seputar sejauh mana niat kita untuk mengikuti jurusan yg kita inginkan gitu ajaa ko, pasti bisaa! Semangatt

Anonymous said...

Mau nanya dong kak. itu tes nya make baju putih bawahnya item kan kak? nah kalo yg perempuan itu pake celana apa rok kak ?

Unknown said...

Bisa rok bisa celana, kalo aku kemarin begitu

abdurahman said...

oh iya kak mau tanya, tes nya itu mata pelajaran apa aja dan ada berapa soal setiap mapel?

Unknown said...

Mapelnya tergantung jurusan yg pengen di tuju ka, misalnya bahasa inggris berarti mapelnya bhs inggris dasar sampai menengah, listrik berarti mapel elektro yg berhubungan listrik gitu dan lainnya, sesuai jurusan biasanya beda beda kalo kelas English soalnya ada 60 campur esay sama pilihan ganda ka

Unknown said...

Mba mw tanya dong. Disitu ada peltihan bahasa korea juga?? Terus klo untuk warga di luar jakarta bisa ikut gk ya??

Unknown said...

Tahun lalu ada, tapi untuk tahun sekarang kurang tahu ada apa gak ka, info resminya ijutin website aja.. dan untuk luar jakarta harus berdomisili jakarta ka kemarin... info lanjut dateng aja ke gedung ppkpinya ka

Si Pencari Ilmu said...

assalamualaikum mau tanyaa,klo phak blk ngehubungi kita itu kira" bisa sebulan yaa?buat ngelaksanain tesnya??

soalnyaa saya samaa pihak blknyaa blom dihubungi untuk pelaksanaanya tesnya

dan sudah seminggu dri pihak blknya jg blom dihubungi?-,-

mohon responnyaa,mkasih:)

Unknown said...

Waalaikum salam, jadi begini ka biasanya pihak blk telepon saat pelaksanaan ujian ingin berjalan,dan terkadang gak semua di telepon soalnya udah pernah di suruh datang dimana jam berapa dan pakai baju apa, gitu ka.. kaya aku sama temen aku, aku di telepon tapi temen aku gak tapi dia tetep dateng pas ujian karena emg udah di tentuin tgl ujiannya gitu si kalo aku kemarin...

Unknown said...

Ka mau tanya, saya baru ditelpon kemarin untuk tes bulan Agustus, waktu daftar saya milih jurusan teknik informatika, tapi saya sebenernya gak terlalu ngerti informatika..

apakah disana dilatih bener2 dari 0 seperti saya jika lolos?
Kira2 pengumuman lolosnya berapa lama ya dari waktu tesnya?

Unknown said...

Nanti di sana gak cuma 1 atau 5 org aja ka yg tes tapi banyak, jadi kalo kaka bener bener pengen lolos kaka harus yakin walaupun pengalaman 0. Karena pas tes nanti ada interview yg intinya ngelihat seberapa kuat keinginan kaka untuk belajar
Kalo sudah lolos itu si tergantung jurusan ka biasanya dari dasar dasar dulu baru menengah

Si Pencari Ilmu said...

klo boleh tau tgl brapa tesnya yaa?yg buat bulan agustus bsk?

Unknown said...

Ka kalo boleh tau, kakak masih inget gak, pertanyaan pihak BLK pas dulu lagi ngeinterview kakak? Hehe

Anonymous said...

ka, mau nanya dong kisi kisi buat mapel bhs Inggris apa aja ya ka? :D trus emang kita disuruh presentasi ya ka? jawab ka, ujiannya besok lol

Unknown said...

Lupa hehe, intinya pake bahasa inggris yah

Unknown said...

Dasar dasar bahasa inggris bro, yang udah pernah di ajarin di sekolah sekolah dulu., kaga ada kalo taun kemaren mah persentasi. Iya kah?? Wahh semangaaatt ujiannya! Wish you luck

Anggita Nurul said...

Tes nya bahasa inggris aja atau ada matematik dan bahasa indonesia kayak psikotes gt ka ?

Unknown said...

Assalamualaikum ,, mba mau tanya kebetulan saya lagi ikut blk untuk tahun sekarang , alhamdulillah udah dilaksanakan tes tulis dan dilanjutkan tes lisan/wawancara.Dan saya ngambil jurusan penerangna.Yang saya mau tanyakan nanti pas wawancara pertanyaan yang diajukan sesuai jurusan apa gimana yaaa ?? Dan peluang lolos apa dari tes tulis maupun lisan doang apa ada dari yang lain ?? Maaf terlalu panjang ,Sebelumnya makasih nanti nya mau jawab.

Unknown said...

Kak mau tanya dong, saya udh lolos nih jurusan akuntansi komputer. Selama pelatihan disana dapet uang transport gitu ga sih? Hahaha kalo baca2 artikel lain katanya ada yg dpt uang transport

Unknown said...

Sesuai jurusan aja ko ka, gak ke luar luar seperti kalo jurusan bhs inggris tesnya cuma seputar bahasa inggris kalo tentang listrik tesnya seputar listrik dan elektro gitu ka setau ane

Unknown said...

Kalo peluangnya si ane gak terlalu tau tapi yang penting sang pewawancara melihat seberapa minat anda untuk belajar itu juga ngaruh kayanya

Unknown said...

Kalau thun sebelum sebelum ane dapet ka, lumayan kan buat jajan tuh yak wkwk, tapii pas tahun ane kaga dapet wkwk jadi jangan arep arep ketinggian tapi dapet ketring sama book learning ko, sans. Tapi gak tau kalo bulan ini dapet apa gak yak

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Noven Sagita said...

Hi mau tanya, kalo jurusan b.inggris interview nya ditanya nya pake b.inggris??? Terus jawab nya hrs pake b.inggris juga apa gaa??? Makasih.

sopian hadi said...

Yang di luar Jakarta bisa daftar gak ya ?

sopian hadi said...

Yang di luar Jakarta bisa daftar gak ya ?

Unknown said...

Iya ka, di sana tes interviewnya pake bhs inggris dan jawabnya juga, tp santai aja jangan grogi tar ngeblank loh hi hi

Unknown said...

Disana khusus dki jkt ka setau gue, tp dari luar jkt kemarin bisa daftar kalau pakai domisili jkt, kemarin temen gue begitu. Bisa tanya langsung aja ka nanti di sana lebih jelasnya

Farah said...

Assalamualaikum Ka, mau tanya kalo jurusan bahasa Korea itu soal tertulisnya Hangul atau gmn ya ka? Dan interviewnya gmn ka?
Terimakasih banyak yaa

Unknown said...

Maaf ka, setau gue tahun sekarang bhs korea udah gak ada ka

Anggi said...

Ohh berarti ikut di balai latihan juga harus punya skill dari dasar hingga menengah yah? saya lagi daftar pelatihan bahasa Inggris juga nih hehe

Unknown said...

Kalo skill si tiap org kan beda beda yg penting tau dasar dasar english itu aja si bekalnya, semangat!

Unknown said...

Ka kan saya ngambil jurusan bahasa inggris, klo pas interview pke bahasa inggris nah klo gabisa jawab pke bahasa inggris gmn?

Unknown said...

Nanti di bantu sama pewawancaranya, yang pening pede aja santai yang wawancaranya baik2 ko gak gigit

kikisofyan said...

assalamualaikum, kak mau tanya dong yg jurusan komputer akuntansi. tesnya apa aja ya?? apa akuntansi juga?
soalnya ga ada basic akuntansi ����

Unknown said...

hi ka...
aku juga bakal ikut di blk jurusan pengolahan hasil pertanian...soal seleksinya itu seperti apa ya

Anonymous said...

kalo mau daftar tapi gak sesuai latar belakang pendidikan sebelumnya bisa gak ya?

neneng said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Kita cuma.diauruh bawa alat tulis aja kan ya kak?

neneng said...

kak aku ngambil jurusan b.ingg juga. tapi aku gabegitu bisa b.ingg. kalo ga bisa jawab pertanyaan pas di interview aku harus gmn ka:( aku jd down pas tau wawancara pk b.ingg heu

Clariza dewi said...

mau nanya, kalau daftar aja tp abis itu lulus seleksi. terus kalau ga dilanjutin ke tahap selanjutnya gimana? apa gapapa?

Yudha Kurniadi said...

ini ada link yg buat kerja di luar negrinya juga nggak sih?

rayhan said...

kak macem2 jenis tesnya apa saja ya? trus apakah interviewnya mirip2 dengan melamar kerja? jwb ya kak, soalnya bsk pengen tes nih mksh :)